sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

AHY klaim Demokrat menang 50% pilkada

Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengklaim partainya memenangi 50% pilkada.

Satriani Ariwulan
Satriani Ariwulan Minggu, 01 Jul 2018 23:54 WIB
AHY klaim Demokrat menang 50% pilkada

Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengklaim partainya memenangi 50% pemilihan kepala daerah serentak di Indonesia, 27 Juni 2018 lalu.

"Secara umum saya syukuri hasil pilkada serentak, dari target kemenangan 35%, bisa mencapai 50%," katanya dikutip Antara, di Surabaya, Minggu (1/7).

Kendati demikian, putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menyebut hasil tersebut masih merupakan versi hitung cepat sejumlah lembaga survei. Demokrat masih akan menunggu hasil penghitungan manual oleh KPU setempat.

Tanah Air digelar 171 pilkada, masing-masing 17 tingkat provinsi, 39 tingkat kota, dan 115 tingkat kabupaten.

Di Jawa Timur, terdapat satu pilkada tingkat provinsi dan 18 tingkat kabupaten/kota. AHY mengklaim, dari total kandidat yang diusung Demokrat di Jatim, yakni 18 pilkada kabupaten/kota dan satu pilkada provinsi, tercatat menang di delapan kabupaten/kota dan provinsi.

Di Jawa Barat, suami artis Annisa Pohan itu mengaku kalah di tingkat provinsi. Namun, dari 12 pilkada di Jabar, Demokrat menang di sembilan pilkada.

"Hasil-hasil tersebut mencerminkan sesuatu yang baik. Namun, kemenangan itu tidak sampai hanyut dalam euforia," ujar dia.

AHY meminta pengurus dan kader agar meneruskan semangat pilkada untuk pemilihan umum (pemilu) anggota badan legislatif maupun Pemilu Presiden 2019. 

Sponsored