sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Bamsoet yakin Yenny Wahid akan berlabuh ke Jokowi-Amin

Dukungan Yenny dan jaringan Gusdurian diyakini meningkatkan peluang kemenangan Jokowi-Maruf Amin.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Rabu, 26 Sep 2018 11:38 WIB
Bamsoet yakin Yenny Wahid akan berlabuh ke Jokowi-Amin

Wakil Koordinator Bidang Pratama DPP Partai Golkar Bambang Soesatyo, meyakini Yenny Wahid akan mendukung pasangan Jokowi-Maruf Amin di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Pasalnya ia telah banyak mendengar kabar dari berbagai sumber, bahwa anak kedua Gusdur tersebut akan berlabuh ke pasangan Jokowi-Maruf Amin. 

"Bagi siapapun pasangan capres-cawapres, dukungan siapapun masyarakat, kelompok masyarakat, apalagi dukungan selevel mba Yenny, dan kami meyakini beliau akan dukung pak Jokowi Amin, orang suka ngomong kok," kata Bambang Soesatyo di DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (26/9).

Apabila nantinya Yenny Wahid benar bergabung ke pasangan Jokowi-Maruf Amin, Ketua DPR RI itu meyakini peluang kemenangan bagi petahana akan semakin terbuka. Ini disebabkan sosok Yenny yang dinilainya merupakan simbol dari suara para Gusdurian.

"Ya terutama  para Nahdliyin, karena bagaimana juga, Gus Dur ini adalah darah birunya Nahdliyin. Jadi sedikit banyak, akan berpengaruh terhadap dukungan pasangan capres-cawapres," imbuhnya.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini juga memandang, masuknya Yenny ke barisan pendukung Jokowi-Maruf akan meningkatkan soliditas kaum Nahdliyin di berbagai daerah, untuk mendukung pasangan Jokowi-Maruf Amin.

"Ya memang basis basis NU di Sumatera, Jawa Timur, Jawa Tengah. Jadi memang basis-basis NU, terutama di wilayah-wilayah yang Nahdliyinnya banyak, itu sangat diharapkan jadi pendukung atau memilih pak Jokowi-Maruf Amin," katanya.

Meski demikian, politikus yang kerap disapa Bamsoet ini mengatakan, Yenny memiliki hak untuk menentukan sikapnya di Pilpres 2019.

"Ya pokoknya kita tunggu saja lah hasilnya pengumumannya, kalau saya salah, ya saya mohon maaf," ucapnya.

Sponsored

Yenny Wahid bersama konsorsium kader Gus Dur, dijadwalkan mendeklarasikan dukungannya di Pilpres 2019 pada Rabu (26/9) sore nanti. Deklarasi akan dilakukan di Rumah Pergerakan Politik Gus Dur di Jalan Kalibata Timur I Nomor 12, Kalibata, Jakarta Selatan.