logo alinea.id logo alinea.id

Dari mana dana kampanye PDI Perjuangan senilai ratusan miliar?

PDI Perjuangan memiliki dana kampanye hingga ratusan miliar rupiah untuk pemilihan umum 2019. Dari mana sumbernya?

Robi Ardianto
Robi Ardianto Senin, 24 Sep 2018 22:27 WIB
Dari mana dana kampanye PDI Perjuangan senilai ratusan miliar?

PDI Perjuangan memiliki dana kampanye hingga ratusan miliar rupiah untuk pemilihan umum 2019. Dari mana sumbernya?

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menuturkan, dana awal kampanye partainya senilai Rp105 miliar. PDI Perjuangan tercatat sebagai partai pemilik dana awal tertinggi.

PDI Perjuangan yang dinakhodai oleh Megawati Soekarnoputri itu memiliki dana awal kampanye berasal dari dana akumulatif para Caleg yang dikelola secara gotong royong. 

“Kami bertindak dan transparan. Banyak yang belum berada dalam spirit itu, hanya melaporkan (dana awal kampanye) jutaan rupiah saja. Ini pengkerdilan rasionalitas publik dan tembok tebal bagi terwujudnya transparansi keuangan partai," katanya melalui siaran pers yang diterima Alinea.id, Senin (24/9). 

Dia menegaskan, partainya konsisten dalam membangun transparansi keuangan di internal Partai. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya 'rekening gotong royong' yang berasal dari iuran anggota partai. 

"Rekening gotong royong itu diaudit oleh akuntan publik," kata Hasto. 

Lebih lanjut, dia mengklaim PDI Perjuangan merupakan satu-satunya partai penerima ISO di antara negara-negara di kawasan Asean. Hal tersebut diungkapkannya karena partainya telah menerima sertifikasi ISO 9001:2015.

Hasto pun menjelaskan, tidak hanya dana kampanye, bahkan dana yang berasal dari pasangan calon pun, termasuk dana saksi, dikelola oleh partai dengan baik. 

Sponsored

Menurutnya, laporan dana awal kampanye harus dilihat sebagai komitmen partai untuk menyampaikan hal-hal yang rasional dan transparan bagi tradisi politik yang membangun peradaban.