sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Hindari spekulasi, Pertamina didesak usut penyebab kebakaran kilang Balongan

Penyebab kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan human error atau sabotase?

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Senin, 29 Mar 2021 09:41 WIB
Hindari spekulasi, Pertamina didesak usut penyebab kebakaran kilang Balongan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Anggota Komisi VI DPR RI, Achmad Baidowi, meminta pemerintah dan PT Pertamina (Persero) agar segera mengidentifikasi penyebab kebakaran kilang minyak PT Pertamina RU Balongan, Kabupaten Imdramayu, Jawa Barat.

"Pemerintah agar segera menemukan akar masalahnya, apakah terjadi human error, kerusakan atau kemungkinan sabotase. Kepastian ini penting agar tidak melahirkan spekulasi baru," kata Baidowi, dalam keterangannya, Senin (29/3).

Politikus sapaan akrab Awiek ini juga meminta Pertamina bersama pemerintah untuk menjamin keamanan dan keselamatan warga di sekirar kilang minyak. Dia menyarankan agar warga dievakuasi bila kondisi kebakaran telah memasuki fase darurat.

Politikus PPP ini juga meminta Pertamina untuk melakukan pengecekan terhadap kilang minyak lainnya guna tidak terjadi kebakaran seperti di Balongan. Awiek juga mendesak pemerintah untuk memastikan ketersediaan BBM akibat gangguan di Balongan.

"Jangan sampai merembet pada pasokan BBM kepada masyarakat, karena hampir pasti akan ada pengaruh akibat insiden balongan," ujar dia.

Sebagai informasi, kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin (19/3) dini hari ini. Langit di sekitar lokasi kebakaran memerah disertai kepulan asap pekat membumbung tinggi di sekitar tempat kejadian.

Pertamina telah mendatangkan tim HSSE (Health Safety, Security and Environment) dari unit kilang terdekat yakni Kilang Pertamina Cilacap, Pertamina EP, Kilang Pertamina Plaju serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Indramayu untuk segera mengupayakan pemadaman kebakaran kilang minyak Balongan yang terjadi pada pukul 00.45 WIB dini hari tadi.

"Telah terjadi insiden yang menyebabkan terjadinya kebakaran di tangki T301G. Penyebab kebakaran belum diketahui dengan pasti, namun pada saat kejadian kondisi sedang turun hujan lebat disertai petir," bunyi keterangan tertulis Pertamina, Senin (29/3).

Sponsored
Berita Lainnya