sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi dan Ma'ruf Amin bangun dinasti politik

Anak dan menantu Presiden Jokowi, serta putri Wapres Ma'ruf Amin mencalonkan diri pada Pilkada serentak 2020.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Sabtu, 07 Des 2019 21:11 WIB
Jokowi dan Ma'ruf Amin bangun dinasti politik
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Langkah Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 dianggap sebagai bentuk membangun dinasti politik Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Gibran merupakan anak sulung Jokowi, sedangkan Bobby merupakan menantu Jokowi. Gibran maju di pemilihan wali kota Surakarta, Jawa Tengah, dan Bobby di Medan, Sumatera Utara.

Selain anak dan menantu Jokowi, putri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Siti Nur Azizah pun turut bertarung dalam pilkada mendatang. Siti mencalonkan diri sebagai wali kota Tangerang Selatan, Banten.

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mengatakan kedua pemimpin Indonesia itu tengah membangun dinasti politik secara bersamaan. Keduanya diduga sengaja membangun dinasti saat memiliki kekuasaan.

“Saya kira itu yang kami lihat sebagai kecenderungan dinasti politik,” kata Lucius usai diskusi di salah satu resto bilangan Jakarta Pusat, Sabtu (7/12).

Menurut Lucius, dinasti politik yang coba dibangun menambah citra buruk perpolitikan di Tanah Air. Oleh karenanya, ia beranggapan perlu adanya pembatasan agar tidak mengarah pada keserakahan kekuasaan.

Lucius mengharapkan adanya pembatas secara sah, seperti Undang-Undang. Menurut dia, pembatasan bukan berarti melarang, melainkan memberikan aturan-aturan secara agar tidak ada kesewenang-wenangan.

“Perlu juga kita usulkan, rekomendasikan ini untuk diusung ke Undang-Undang. Misalnya syarat, bukan keluarga dekat atau bukan apa. Itu kan bisa mengatur,” ucap Lucius.

Sponsored
Berita Lainnya