sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Kader PKS dipersilakan dukung putra Jokowi

Tak tertutup kemungkinan PKS berkoalisi dengan parpol-parpol lainnya untuk mencalonkan Gibran.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Selasa, 26 Nov 2019 18:26 WIB
Kader PKS dipersilakan dukung putra Jokowi

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mempersilakan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Solo, Jawa Tengah mengusulkan nama putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, menjadi calon wali kota (cawalkot) di Pilwalkot Solo 2020 mendatang.

"Apa yang jadi dinamika di wilayah itu kita hormati. Kenapa? Karena kita tahu rasa kebatinan tiap daerah itu," kata Sohibul kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (26/11).

Menurut Sohibul, setiap daerah memiliki dinamika politik masing-masing. Karena itu, tak tertutup kemungkinan PKS berkoalisi dengan parpol-parpol lainnya untuk mencalonkan Gibran. 

Namun demikian, Sohibul menegaskan, DPD PKS belum mengusulkan nama calon yang akan diusung di Pilkada 2020, termasuk di Pilwalkot Solo.  

"Berkoalisi silakan saja. Tetapi, kami minta mengajukan minimal dua paslon (pasangan calon) ke DPP. Nah, baru setelah itu DPP lewat kajiannya nanti akan memutuskan salah satunya," kata dia. 

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pemilukada DPD PKS Surakarta Sugeng Riyanto mengatakan, kader-kader PKS di akar rumput yang mengusulkan nama Gibran sebagai salah satu kandidat. 

Terkait itu, Sohibul menjawab secara diplomatis. "Jadi, selama itu jadi dinamika di bawah, ya, biar aja itu jadi dinamika," kata dia. 

Gibran merupakan salah satu kandidat terkuat calwalkot Solo. Rencananya, Gibran bakal resmi mendaftarkan diri sebagai salah satu kandidat ke DPD PDI-Perjuangan Jawa Tengah, akhir November.  

Sponsored