sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Masyumi deklarasikan dukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019

Keputusan Masyumi mendukung Prabawo-Sandiaga Uno karena didorong dari hasil Ijtima Ulama

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Minggu, 28 Okt 2018 21:30 WIB
Masyumi deklarasikan dukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019

Sekelompok orang yang menamakan diri  Keluarga Bulan Bintang mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabawo-Sandiaga Uno. Dukungan tersebut dideklarasikan di Sekretariat Nasional Prabawo-Sandi di Menteng, Jakarta, pada Minggu(28/10).

Setelah mendeklarasikan dukungannya, kelompok relawan itu kemudian mengubah nama menjadi Relawan Pemenangan Prabowo-Sandi Salahudin Uno Bulan Bintang atau disingkat dengan Pass Lantang.

Koordinator Nasional Pass Lantang, Yunasdi Muchtar Anwar, mengatakan kelompoknya merupakan eksponen dari kekuatan Partai Masyumi. Partai yang dahulu pernah menjadi kekuatan politik Islam di masa orde lama.

“Ini dari keluarga Masyumi. Sebelum membubarkan diri mereka berkumpul menjadi keluarga bulan bintang," katanya di Jakarta pada Minggu, (28/10).

Yunasdi mengatakan, keputusannya mendukung Prabawo-Sandiaga Uno karena didorong dari hasil Ijtima Ulama yang memutuskan mendukung Prabawo dan Sandi di Pilpres 2019 mendatang.

“Kita sebagai kelompok atau eksponen yang tergabung dalam keluarga bulan bintang, mencetuskan apa yang sesuai dijelaskan ijtima ulama, dari Majelis Syuro sendiri telah menginstruksikan kalau harus mendukung calon presiden yang didukung ijtima ulama,”ujarnya.

Kendati memiliki nama yang hampir serupa dengan partai politik, Yunasdi menolak dikaitkan dengan partai besutan Yusril Ihza Mahendra tersebut. Sebab, menurutnya, walaupun sama-sama memiliki genetik Masyumi, Keluarga Bulan Bintang berbeda struktur dengan Partai Bulan Bintang.

"Tak ada kaitannya dengan Partai Bulan Bintang," ujarnya.

Sponsored

Meski begitu, Yunasdi mengaku, akan tetap memperjuangkan PBB agar masuk ke parlemen. Sebab, terdapat anggota dari Keluarga Bulan Bintang yang maju menjadi celeg dari PBB.

"Ya memang kebetulan saja di Pass Lantang ini ada yang menjadi caleg, jadi bersimbiosis dan berkolaborasi saja sama tim pemenangan Prabawo-Sandi," kata Yunasdi.

Lebih lanjut, kata Yunasdi, pihaknya akan terus melakukan kerja-kerja kampanye untuk memenangkan Prabawo-Sandi, terutama di daerah yang memiliki jaringan Partai Masyumi. Contohnya, di Sumatera Barat, Jawa Barat, dan beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

“Kita akan fokus di wilayah yang ada kekuatan Masyumi di situ,” ujarnya.

Merespon hal tersebut, Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, mengapresiasi terhadap semua elemen yang telah turut memberi dukungan terhadap dirinya. Nantinya, para relawan tersebut, kata Sandi, akan ditugaskan untuk mennjaga 800 ribu TPS di seluruh Indonesia.

“Ini sekarang masih kita bagi-bagi dearah mana saja,” katanya

Berita Lainnya