logo alinea.id logo alinea.id

Megawati Soekarnoputri terpilih menjadi Ketua Umum PDIP

Megawati terpilih kembali menjadi Ketua Umum PDIP secara aklamasi, namun sempat terjadi sikap dan pandangan berbeda dari pengurus DPD.

Adi Suprayitno
Adi Suprayitno Jumat, 09 Agst 2019 09:39 WIB
Megawati Soekarnoputri terpilih menjadi Ketua Umum PDIP

Megawati Soekarnoputri secara resmi kembali menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) periode 2019-2024 dalam arena Kongres V PDIP,  Kamis (8/8/2019) malam. Penunjukkan Megawati ini dilakukan secara tertutup dan kilat karena sesuai jadwal dilakukan pada hari ini, Jumat (09/8).

Pengambilan sumpah juga dilakukan dalam rapat pleno tertutup Kamis (08/7) malam. 

Menurut sumber, beberapa utusan peserta Kongres yang mengikuti rapat pleno tertutup, awalnya, dalam sidang yang dipimpin Soerjo Respationo, seluruh pengurus cabang dan daerah menyampaikan sikap dan pandangannya.

Tiap pengurus wilayah (DPD) menyampaikan pemandangannya atas berbagai isu yang dihadapinya masing-masing. Namun semua selalu memulai dengan keputusan dari pengurus DPD meminta dan menyetujui agar Megawati Soekarnoputri kembali memimpin partai untuk periode 2019-2024.

Soerjo selanjutnya menyatakan keputusan bahwa seluruhnya menyetujui keputusan itu. Soerjo meminta Megawati Soekarnoputri bersedia diambil sumpahnya menjadi ketua umum.

“Apakah Ibu Megawati Soekarnoputri bersedia kembali menjadi Ketua Umum DPP PDIP periode 2019-2024?” tanya Soerjo.

“Ya, saya bersedia,” jawab Megawati.

Dalam pidato setelah diambil sumpahnya, Megawati  berterima kasih karena telah mendapat tugas berat kembali menjadi Ketua Umum PDIP. 

Sponsored

"Meskipun berat amanah ini saya terima. Ini demi kepentingan bangsa dan negara. Dengan segala hormat tugas ini saya terima,” lanjut Megawati yang disambut tepuk tangan dari seluruh peserta kongres.

Sementara itu, kabar terpilihnya kembali Megawati sebagai Ketua Umum PDIP juga dibenarkan oleh putri kandungnya yang juga salah satu Ketua DPP PDIP non aktif, Puan Maharani.

"Ya, sudah terpilih lagi secara aklamasi. Semua utusan menghendaki ibu Ketua Umum (Megawati) kembali menjadi Ketua Umum 2019-2024," ujar Puan di arena Kongres yang berlangsung di Inna Beach hotel, Bali.

Terpilihnya kembali Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDIP sebenarnya telah disepakati oleh DPD (Wilayah) PDIP se-Indonesia. 

Dalam rapat Koordinasi Nasional di Jakarta sebelum Kongres berlangsung, semua sepakat dan akan kembali mendukung secara aklamsi Megawati sebagai Ketua Umum.