sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PAN tak dukung Jokowi, Menpan RB mundur dari kabinet

Asman Abnur mundur dari jabatannya sebagai Menpan RB karena secara politik, PAN berbeda pilihan dengan koalisi Jokowi.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Selasa, 14 Agst 2018 15:57 WIB
PAN tak dukung Jokowi, Menpan RB mundur dari kabinet

Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan kadernya di Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi, Asman Abnur, telah mundur dari jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, memastikan mundurnya Asman untuk kebaikan pemerintahan Jokowi.

"Saya telah melakukan komunikasi dengan Asman, beliau menyatakan mohon izin untuk mengundurkan diri dari kabinet pemerintahan Jokowi. Alasannya, pertama, tidak mau membebani pemerintah. Ini karena secara politik, PAN itu berbeda pilihan dengan koalisinya Jokowi," kata Viva Yoga di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (14/8).

Alasan lain, Viva mengatakan, keputusan Asman dilakukan untuk mempertahankan fatsun dan menjaga kesantunan, serta etika politik.

"Kalau ini jadi bagian pembelajaran dalam berdemokrasi, dan Asman menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai menteri di kabinet pemerintahan Jokowi," ujarnya.

Viva meyakini, Presiden Jokowi tidak akan keberatan dengan keputusan Asman. Bagi Viva, tidak akan ada yang dirugikan dengan keputusan Asman mundur karena merupakan pilihan politik.

Hari ini, Asman telah bertemu dengan Menteri Sekretaris Negara, M Pratikno untuk menyampaikan keputusannya tersebut.

Pratikno dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), juga telah menyampaikan isyarat adanya reshuffle di Kabinet Kerja Jokowi. JK mengakui, reshuffle kabinet dapat terjadi karena perubahan peta koalisi dalam menghadapi Pemilu Presiden 2019.

"Ya tentu, tentu ada (alasan) itu. Ya memang bisa timbul itu. Ini kan kabinet ada hubungannya dengan politik," kata Jusuf Kalla kepada wartawan di Kantor Wapres Jakarta, Selasa (14/8).

Sponsored

Keberadaan Asman Abnur di Kabinet Kerja pemerintah Jokowi, merupakan hasil dari sikap PAN yang mendukung pemerintahan Jokowi. Namun pada Pilpres 2019, PAN memutuskan untuk mendukung Prabowo Subianto, yang menjadi lawan Jokowi.

Sumber: Antara

Berita Lainnya