sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tuan Guru di Lombok dukung Muhaimin Iskandar Cawapres

Sejumlah tuan guru dan pengasuh pondok pesantren di Lombok, NTB, mendukung Muhaimin Iskandar untuk maju sebagai calon wakil presiden.

Sukirno
Sukirno Senin, 02 Apr 2018 14:49 WIB
Tuan Guru di Lombok dukung Muhaimin Iskandar Cawapres
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Sejumlah tuan guru dan pengasuh pondok pesantren di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, mendukung Muhaimin Iskandar untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2019.

Deklarasi dukungan ini dilakukan di Pondok Pesantren (Ponpes) Nahdlatul Ulama Al Mansyuriah Ta'limusshibyan Bonder, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Senin.

"Kami di NTB mendengar bahwa Muhaimin Iskandar mencalonkan diri menjadi wakil presiden. Kami langsung menyatakan syukur dan doa, semoga berhasil," kata Pengasuh Pondok Pesantren Al Manshuriah Tuan Guru Taqiuddin Mansyur saat membuka acara Haul dan Selawat Kebangsaan di Ponpes Al Manshuriah Lombok Tengah seperti dilansir Antara, Senin (2/4).

Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum PKB yang juga menjabat Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar. Dalam acara haul yang dihadiri 200-an pimpinan pondok pesantren dari Kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Tengah dan kota Mataram itu, dibacakan pula mandat para ulama kepada cak Imin untuk maju menjadi calon wakil presiden 2019-2024.

"Kami memberikan tugas dan mandat kepada Muhaimin Iskandar untuk memperjuangkan aspirasi umat Islam agar 'ahlussunnah wal jamaah' tegak di republik ini. Kami juga menyatakan mendukung cak Imin sebagai wakil presiden periode 2019-2024, agar sebagai wakil presiden nanti aspirasi umat Islam betul betul terwakili di republik ini," kata TGH Ma'arif Makmun Diranse, Syuriah PCNU Lombok Tengah yang membacakan pernyataan dukungan tersebut.

Mandat itu juga berisikan amanah agar Muhaimin Iskandar sekuat tenaga memperjuangkan upaya penyatuan umat Islam, bukan hanya dari kalangan NU namun juga merangkul seluruh aliran dan pandangan.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar dalam sambutannya menyatakan syukur dan terima kasih atas dukungan ini.

"Amanah ini juga sangat berat karena saya juga ditugaskan untuk mendorong penyatuan umat. Insya Allah berhasil," katanya.

Sponsored

Sejumlah tuan guru yang turut hadir antara lain TGH M Nur, TGH Hamid Sulaiman, TGH Ibnu Cholil TGH Raksonjani Lc, TGH Jamiluddin dan beberapa lainnya.

Deklarasi untuk cak Imin tersebut, pertama mengajak seluruh tuan guru se-NTB untuk menyatukan visi dan langkah politik, serta mengambil peran dalam membangun Indonesia ke depan.

Kedua, memperjuangkan penguatan ekonomi dan pendidikan umat Islam demi menegakkan spirit "Al Islam Ya'lu wala yu'la alaihi".

"Tiga, memberikan tugas dan mandat kepada H Abdul Muhaimin Iskandar untuk menyatukan aspirasi politik umat islam, aspirasi warga 'ahlussunnah waljamaah' demi tegaknya negara yang damai, makmur dan islami di bumi nusantara," jelasnya.

Keempat mendukung Abdul Muhaimin Iskandar menjadi wakil presiden republik Indonesia tahun 2019-2024 agar cita-cita para ulama tentang "baldatun thoyyibatun warobbun ghofur" bisa diwujudkan.

"Kelima, kami akan silaturahim kepada para ulama, tuan guru, kiai dan tokoh Islam di seluruh indonesia untuk bergandengan tangan mewujudkan perjuangan keumatan bersama Abdul Muhaimin Iskandar," katanya.

Berita Lainnya
×
img