5 tahun Jokowi-JK: Sektor industri gagal dongkrak ekonomi nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dinilai tidak memiliki strategi yang jitu di sektor industri.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sepanjang 2015-2019 dinilai belum berhasil membawa sektor industri menjadi penopang utama ekonomi nasional.  / Antara Foto

Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sepanjang 2015-2019 dinilai belum berhasil membawa sektor industri menjadi penopang utama ekonomi nasional. 

Ekonom dan Peneliti Center of Reforms on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan dalam lima tahun kepemimpinannya, Jokowi bahkan tidak memiliki strategi untuk menahan lesunya sektor industri.

Piter menjelaskan, perlambatan pertumbuhan sektor industri terjadi sejak masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kemudian, antisipasi pemerintahan Jokowi pun tidak kelihatan.

"Dia abai, dia menganggap itu suatu yang tidak penting padahal itu suatu yang penting," katanya.

Piter mengatakan, pembangunan ekonomi tidak dapat fokus hanya dari satu sektor saja. Sektor infrastruktur yang dalam lima tahun ini dijadikan Jokowi sebagai fokus utamanya, menurut Piter belum dapat membuat perekonomian tumbuh sehat.