ADB prediksi pertumbuhan ekonomi 2019 hanya 5,1%

Asian Development Bank (ADB) menyatakan ekonomi Indonesia mengalami perlambatan karena penurunan ekspor.

Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia Perwakilan Indonesia menurunkan proyeksi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 dari 5,2% menjadi 5,1%. / Antara Foto

Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia Perwakilan Indonesia menurunkan proyeksi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 dari 5,2% menjadi 5,1%.

“ADB merevisi proyeksi ekonominya untuk Indonesia dengan pertumbuhan yang menurun tipis ke 5,1%. Itu turun dari sebelumnya 5,2%pada 2018,” kata Kepala Perwakilan ADB untuk Indonesia Winfried Wicklein saat ditemui di Jakarta, Rabu (25/9).

Menurut Winfried, pelambatan tersebut disebabkan oleh adanya penurunan kinerja ekspor dan pelemahan investasi domestik. Namun demikian, dia optimistis pertumbuhan akan kembali membaik pada 2020 yaitu sekitar 5,2%.

Winfried menjelaskan kemungkinan adanya peningkatan ekonomi Indonesia pada 2020 tersebut dipicu oleh konsumsi domestik yang kuat serta perbaikan investasi setelah masa pemerintahan baru.

“Konsumsi yang kuat akan membuat Indonesia mampu meneruskan pertumbuhan ekonominya pada tahun ini dan tahun depan,” ujarnya.