AirAsia buka penerbangan langsung Kuala Lumpur-Silangit

Dengan adanya rute baru ini, wisatawan dapat terbang langsung ke Silangit dan mencapai Danau Toba hanya dalam satu jam.

CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes (tengah) menyerahkan miniatur pesawat AirAsia kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjatian (kiri) disaksikan oleh Executive Chairman Grup AirAsia Berhad dan Co-Group CEO AirAsia X, Datuk Kamarudin Meranun (kanan) saat peluncuran rute Kuala Lumpur - Silangit oleh AirAsia./dok AriAsia

Maskapai berbiaya murah AirAsia membuka penerbangan langsung empat kali seminggu dari Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA2), Malaysia ke Bandara Silangit di Tapanuli, Sumatera Utara, Indonesia mulai 28 Oktober 2018.

CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes, mengatakan, rute baru dari Kuala Lumpur ke Silangit merupakan komitmen maskapai untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam mengembangkan 10 tujuan wisata prioritas, termasuk Danau Toba.

“Bandara Silangit adalah pintu gerbang utama menuju Danau Toba yang mengagumkan, yang merupakan danau vulkanik terbesar di ASEAN dan salah satu danau terindah di dunia,” kata Tony di Jakarta, Kamis (2/8).

Tony mengatakan AirAsia telah memiliki hub di Kuala Lumpur yang belum terhubung ke Silangit. Sebelum adanya infrastruktur yang lengkap di Silangit, wisatawan yang ingin mengunjungi Danau Toba harus menempuh jalan darat selama enam jam dari Medan. Dengan adanya rute baru ini, wisatawan dapat terbang langsung ke Silangit dan mencapai Danau Toba hanya dalam satu jam.

“Sudah sejak lama kami ingin membawa wisatawan dari seluruh dunia untuk mengunjungi Danau Toba melalui hub kami di Kuala Lumpur dan kami mengapresiasi upaya pemerintah Indonesia yang telah membangun infrastruktur yang baik guna meningkatkan kunjungan wisatawan.