Anak usaha Vale-Antam temukan sumber emas baru di NTB

PT Sumbawa Timur Mining (STM) menemukan deposit bijih tembaga-emas Onto.

Ilustrasi. Foto Antara.

PT Sumbawa Timur Mining (STM) menemukan deposit bijih tembaga-emas Onto di wilayah Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), saat melakukan kegiatan eksplorasi di dalam wilayah Kontrak Karya (KK) Proyek Hu'u sejak tahun 2010.

Presiden Direktur STM Bede Evans menyatakan penemuan potensi sumber daya Onto menggambarkan nilai dan peluang yang dimiliki Proyek Hu'u.

"Saat ini proyek Hu'u berada pada tahap eksplorasi, dan kami berharap dapat melanjutkan proyek ini dengan tujuan untuk membangun sebuah operasi penambangan kelas dunia di Indonesia," katanya dalam informasi tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (21/2).

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (Biro KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengungkapkan penemuan ini menjadi titik penting bagi PT STM ke depannya, juga memberikan dampak berantai yang lebih besar pada tahap selanjutnya.

"Saat ini proyek tersebut mempekerjakan hampir 600 karyawan termasuk kontraktor, di mana 70% di antaranya berasal dari lingkungan sekitar proyek eksplorasi," ungkap Agung.