AP I siapkan investasi Rp17,5 T bangun bandara baru

PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan investasi sebesar Rp17,5 triliun untuk membangun sejumlah bandar udara (bandara) pada 2019.

PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan investasi sebesar Rp17,5 triliun untuk membangun sejumlah bandar udara (bandara) pada 2019. (Antara Foto)

PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan investasi sebesar Rp17,5 triliun untuk membangun sejumlah bandar udara (bandara) pada 2019.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan saat ini AP I tengah menggarap dua proyek yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional yakni pembangunan New Yogyakarta International Airport di Kulonprogo dan Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin
 
"Investasi di antaranya untuk kedua bandara itu. Ditargetkan dapat dioperasikan pada tahun 2019 ini," kata Faik di Serang, Banten, Minggu (24/2).

Faik mengatakan, dalam rencana jangka panjang perusahaan (RJPP) Angkasa Pura I tahun 2019-2023, AP I akan mengembangkan kapasitas 13 bandara.

Kapasitas akan ditingkatkan dari 89 juta penumpang per tahun menjadi 140 juta penumpang per tahun.

Adapun bandara yang dikelola Angkasa Pura I yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, dan Bandara Sam Ratulangi Manado.