Asian Games dan IMF-World Bank Forum tak dongkrak ekonomi

BPS mencatat Asian Games, Asian Para Games, hingga IMF-World Bank meeting, tak mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi 2018.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perhelatan internasional seperti Asian Games, Asian Para Games, hingga IMF-World Bank meeting, tak mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi 2018. / Facebook

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perhelatan internasional seperti Asian Games, Asian Para Games, hingga IMF-World Bank meeting, tak mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi 2018.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, untuk acara perhelatan tersebut, dari perhitungannya masuk ke dalam perhitungan ekspor barang dan jasa. Adapun ekspor barang jasa selama 2018 hanya tumbuh 6,48%, melambat dibandingkan 2017 yang tumbuh 8,91%. 

Menurut pria yang akrab disapa Kecuk ini, selisih nilai ekspor dan impor (net ekspor) 2018 juga menunjukan defisit 0,99%. Ini merupakan pertama kalinya sejak 2016. Adapun pada 2016, net ekspor surplus 0,13% dan pada 2017 surplus 0,31%. 

"Net ekspor yang negatif itu faktor penekan ekonomi ke bawah. Ke depannya kami berharap implementasi dari kebijakan mendorong ekspor, termasuk B20 ke depannya menjadi lebih bagus," ujar Suhariyanto di kantornya, Jakarta, Rabu (6/2).

Kendati demikian, dampak dari perhelatan internasional itu meningkat dari kedatangan wisatawan mancanegara, yang dinilai turut mendorong ekspor jasa.