B20 Indonesia berkomitmen beri dukungan komprehensif bagi UMKM

Shinta mengatakan, di antara semua isu pembahasan dalam B20, isu inklusi ekonomi menjadi salah satu capaian terbesar bagi B20 Indonesia.

Ketua Forum B20 Indonesia Shinta Widjaja Kamdani

Forum Bisnis 20 (B20), forum dialog antara komunitas bisnis global di dalam Presidensi G20, memberi dukungan untuk inklusi ekonomi dan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta sektor yang terpinggirkan secara ekonomi.

Ketua Forum B20 Indonesia Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, dukungan tersebut merupakan capaian tersendiri bagi B20 Indonesia karena dalam penyelenggaraan B20 sebelumnya, dukungan terhadap UMKM masih terlihat kurang diperhatikan.

“Karena negara-negara berpenghasilan tinggi di G20 tidak terlalu menonjolkan kebutuhan pemberdayaan dari UMKM, sehingga situasi dari keterwakilan dan perspektif pelaku usaha dari negara berkembang sangat terbatas pada B20 sebelumnya,” ujar Shinta dalam seminar B20 Indonesia: MSMEs Digitalization Places Indonesian MSMEs in Global Supply Chains, Jumat (28/10).

Shinta menyampaikan, B20 telah terbentuk sejak 2011 dengan misi utama mewakili pandangan dan kepentingan dari komunitas bisnis negara-negara G20. Kepresidenan B20 Indonesia sendiri melibatkan lebih dari 1.200 Chief Executive Officer (CEO) yang berasal dari 40 negara dan lebih dari 15 latar belakang industri yang 37% di antaranya merupakan perempuan.

Shinta mengatakan, di antara semua isu pembahasan dalam B20, isu inklusi ekonomi menjadi salah satu capaian terbesar bagi B20 Indonesia.