Bandara Supadio Pontianak lumpuh akibat kabut asap

Tidak ada pesawat yang diizinkan mendarat di Bandara Supadio, Pontianak, karena kabut asap menghalangi jarak pandang.

Kabut asap masih menyelimuti Kalimantan Barat pada Senin (16/9) dan mengakibatkan jarak pandang hanya 550 meter. / Antara Foto

Kabut asap masih menyelimuti Kalimantan Barat pada Senin (16/9) dan mengakibatkan jarak pandang hanya 550 meter. Hal ini pun menyebabkan belum ada satu pun pesawat diizinkan mendarat di Bandara Supadio, Pontianak.

"Jarak pandang yang ada masih di bawah jarak batas aman penerbangan. Jarak pandang yang aman minimal 1.000 meter," ujar Plt Kadiv Operasional Bandara Internasional Supadio Pontianak, Didi Herdiansyah di Pontianak, Senin (16/9).

Ia menyebutkan sampai pukul 08.00 WIB ini seharusnya sudah ada empat penerbangan kedatangan yang mendarat di Bandara Internasional Supadio Pontianak. Namun, karena jarak pandang rendah atau turun karena kabut asap, hingga kini belum ada pendaratan.

"Bahkan ada beberapa penerbangan sebelumnya telah mengajukan pembatalan dan tidak ada jadwal penerbangan ke sini karena alasan cuaca," jelas dia.

Sejauh ini untuk keberangkatan sendiri baru satu penerbangan saja, yakni maskapai Garuda Indonesia rute Pontianak-Jakarta.