Bangun perumahan, pengembang perlu perhatikan transportasi publik

Adanya transportasi publik juga merupakan bagian dari program pemerintah untuk meningkatkan penggunaan trasnportasi umum bagi masyarakat.

Rumah bersubsidi yang dibangun pemerintah. Antara Foto

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, meminta kepada para pengembang dalam membangun perumahan bagi kaum muda generasi milenial perlu memperhatikan lokasi. Pembangunan perumahan tersebut haruslah dekat dengan akses transportasi umum.

“Saya sudah keliling booth di sini. Saya selalu tanyakan bahwa apa dekat (propertinya) dengan transportasi publik?,” kata Rini saat ditemui dalam acara pembukaan Indonesia Property Expo 2019 di JCC Senayan, Jakarta pada Sabtu (2/2).

Terkait lokasi yang mudah dijangkau oleh trasnportasi umum, menurut Rini, hal tersebut amat penting. Selain memudahkan masyarakat untuk beraktivitas, adanya akses terhadap transportasi publik juga merupakan bagian dari program pemerintah. Karenanya, ini harus menjadi aspek utama dalam membangun properti.

“Saya minta untuk selalu memperhatikan aspek tersebut. Pasalnya, saat ini pemerintah tengah menggenjot penggunaan transportasi umum,” ujarnya.

Menurut Rini, soal akses transportasi umum juga ia sampaikan kepada pihak BTN selaku lembaga pembiayaan kepada para pengembang. Hal tersebut, kata dia, harus terus didorong dan diutamakan.