Bank BRI salurkan seluruh dana PEN dalam 1,5 bulan

Bank BRI menyalurkan dana PEN Rp30 triliun atau tiga kali lipat dari dana PEN yang diterima sebesar Rp10 triliun.

Ilustrasi. Foto Antara.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) telah menyalurkan seluruh target dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Penyaluran dana PEN tersebut mampu dilakukan Bank BRI dalam waktu 1,5 bulan, yang menjadikan Bank BRI sebagai bank pertama yang berhasil menyalurkan seluruh dana PEN.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengatakan, Bank BRI menyalurkan dana PEN Rp30 triliun atau tiga kali lipat dari dana PEN yang diterima sebesar Rp10 triliun.

"Bank-bank yang menerima deposito pemerintah diminta menyalurkan kredit tiga kali lipat. Realisasinya, sampai 7 Agustus 2020, angka Rp30 triliun itu sudah tercapai," ujar Sunarso dalam konferensi pers triwulan II-2020 Bank BRI, Rabu (19/8).

Dana PEN tersebut disalurkan ke 716.815 nasabah Bank BRI. Komposisinya, sebanyak 44% merupakan nasabah baru dan 56% merupakan nasabah eksisting Bank BRI.

Kemudian dari komposisi skala usahanya, sebanyak 70% merupakan usaha mikro dan 30% merupakan usaha kecil. Pemberian kredit ke nasabah eksisting tersebut tidak menyalahi aturan dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.70/2020.