Bank Mandiri klaim transaksi belanja online di 2018 capai Rp24 T

Tren volume transaksi belanja online melalui Bank Mandiri meningkat sampai 400% bila dibandingkan tahun 2017.

Seorang Teller menghitung uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di Bank Mandiri, Jakarta, Senin (7/1/2018). Antara Foto

Bank Mandiri mengklaim transaksi belanja online yang dilakukan masyarakat pada 2018 mencapai Rp24 triliun. Tren volume transaksi belanja online ini meningkat sampai 400% bila dibandingkan pada tahun sebelumnya.

“Transaksi platform digital pelaku daring melalui Bank Mandiri pada tahun lalu mengalami peningkatan volume transaksi naik 400% dibandingkan tahun 2017,” kata  SEVP Consumer and Transaction Bank Mandiri, Jasmin di Jakarta pada Senin (14/1).

Jasmin mengakui, tren belanja masyarakat saat ini sebagian besar dilakukan secara online. Itu mengapa pihaknya berinisiatif melakukan kerja sama dengan pelaku penyedia bisnis jual beli daring, yakni Shopee untuk menjual produk e-money.

“Kami akan membuka toko resmi di Shopee yang nantinya akan menjual merchandise e-money dalam berbagai pilihan edisi khusus dan unik dengan desain bervariasi seperti Asian Games 2018, Marvel Avengers, Star Wars, Disney Tsum Tsum dan lain-lain,” ujar Jasmin.

Meskipun masyarakat memperolehnya secara online, ia pun memastikan, barang yang dijual asli. Produk e-money tersebut bisa langsung digunakan untuk berbagai transaksi harian, seperti pembayaran jalan tol, TransJakarta, parkir sampai minimart.