Bank Mandiri salurkan KUR senilai Rp13,45 triliun untuk UMKM

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) senilai Rp13,45 triliun atau sebesar 76,6% dari target 2018.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman Arif Arianto (kedua kanan) berbincang dengan (dari kiri ke kanan) Direktur Retail Banking Donsuwan Simatupang, Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Hery Gunardi dan Direktur Keuangan Panji Irawan seusai menyampaikan paparan kinerja Bank Mandiri di Jakarta, Rabu (17/10/2018). PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. pada triwulan III-2018 mencetak pertumbuhan kredit 13,8 persen menjadi Rp781,1 triliun serta berhasil menaikan laba bersih 20% menjadi Rp18,1 triliun. / Antara Foto

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) senilai Rp13,45 triliun atau sebesar 76,6% dari target sepanjang tahun ini Rp17,56 triliun kepada 201.235 pelaku usaha.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan perseroan terus mendorong geliat sektor riil melalui penyaluran KUR produktif. Kali ini, perseroan terlibat dalam kegiatan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental (PKNRM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian dalam Negeri dan pemerintah daerah untuk mengenalkan manfaat program kredit murah berskema KUR kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Manado Sulawesi Utara. 

Pameran yang digelar pada 26-28 Oktober 2018 itu tampak dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin, dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Vice President Bank Mandiri Wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo, Frelly Jimmy Tommy Leong mengatakan, dalam event tersebut pihaknya menyadari KUR merupakan jawaban atas permasalahan permodalan dalam pengembangan usaha karena menawarkan suku bunga yang sangat ringan yaitu 7% efektif per tahun.

"Seiring dengan keinginan kami melalui gerakan Indonesia Mandiri, Kami siap membantu pelaku UMKM untuk mengakses KUR sehingga mereka akan memiliki kemampuan finansial dalam mengembangkan usaha mereka," kata Pak Tommy saat mendampingi Menteri Puan Maharani saat berkunjung ke stand Bank Mandiri di arena PKRNM, Menado, Sulawesi Utara, dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Minggu (28/10).