Bank Mantap terbitkan obligasi Rp1 triliun

Bank Mantap menawarkan dua seri obligasi, yakni seri A dengan kupon 7,90% bertenor 3 tahun dan seri B dengan kupon 8,20% bertenor 5 tahun.

PT Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) mencatatkan obligasi perdana sebesar Rp1 triliun yang merupakan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Tahap I tahun 2019. Alinea.id/Annisa Saumi

PT Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) mencatatkan obligasi perdana sebesar Rp1 triliun yang merupakan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Tahap I tahun 2019.

Bank Mantap menunjuk empat perusahaan sebagai penjamin emisi, yakni Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas, BCA Sekuritas, dan Danareksa Sekuritas. Pada penerbitan obligasi tahap I ini, Bank Mantap mencatatkan permintaan sebesar Rp2,8 triliun atau 2,8 kali melebihi target yang diharapkan dari para investor.

Direktur Bank Mantap Nurkholis Wahyudi mengatakan obligasi PUB Tahap I yang ditawarkan ini memiliki dua seri. Pertama, seri A dengan kupon 7,90% bertenor 3 tahun dan memiliki nilai emisi Rp700 miliar. Lalu, seri B memiliki kupon 8,20% bertenor 5 tahun dengan nilai emisi Rp300 miliar.

"Obligasi ini kami terbitkan untuk me-manage kredit dengan tenor panjang, itu yang harus kami seimbangkan, bukan karena isu likuiditas," kata Nurkholis di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (27/11).

Nurkholis melanjutkan, investor pemegang obligasi ini akan mendapatkan pembayaran kupon pertamanya pada tanggal 20 Februari 2020 untuk seri A dan 26 Februari 2020 untuk seri B. Kemudian, Bank Mantap secara rutin akan membayar kupon setiap tiga bulan sekali.