Sri Mulyani: Baru 21 pemda yang salurkan BLT dana desa di atas 50%

Masih banyak daerah yang menyalurkan dana desa di bawah 50%, bahkan hanya 15%.

Warga menerima uang Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa di Balai desa Berbek, Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (17/5/2020). Foto Antara/Umarul Faruq/aww.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, hingga Juli 2021 baru 21 pemerintah daerah (pemda) yang berhasil menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa di atas 50%.

Sebanyak 21 pemda tersebut telah berhasil menyerap anggaran sebesar Rp717 miliar dari pagu yang telah diberikan sebesar Rp1,2 triliun dan telah diberikan kepada 2.873 desa.

"Ada 21 daerah yang sudah mencairkan BLT desa di atas 50%. Ini bagus, artinya desa sudah mendapatkan keluarga-keluarga rentan untuk disalurkan bantuan," katanya dalam video conference APBN Kita, Rabu (21/7).

Sri Mulyani pun menuturkan, jika sesuai target seharusnya penyaluran BLT Desa pada Juli Ini harus di atas 50%. Namun, masih banyak daerah yang menyalurkan dana desa di bawah 50%, bahkan hanya 15%.

"Artinya kita harus terus mendorong desa-desa yang realisasinya masih kecil tadi. Karena ini sangat berarti bagi masyarakat desa untuk menghadapi situasi PPKM," ujarnya.