BEI luncurkan 2 indeks baru semester II-2020

Salah satu calon indeks baru diklaim memiliki performa melebihi indeks-indeks yang telah ada seperti IDX30, IDX Value30 dan IDX Growth30.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Bursa Efek Indonesia (BEI) bakal peluncuran dua indeks baru pada semester II-2020. Kedua indeks tersebut adalah IDX Quality30 dan IDX ESG 30.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan IDX Quality30 akan diluncurkan paling lambat pada Agustus mendatang. Anggota dari indeks baru tersebut akan diambil dari penghuni IDX80, yang variabelnya dilihat dari sisi fundamental emiten.

"Variabel yang akan kami lihat dan kami ukur adalah komponen return on equity (ROE), debt to earning ratio (DER), earning ratio, profitability, capital structure, dan earning stability-nya akan kami lihat," kata Hasan dalam konferensi virtual BEI, Selasa (30/6).  

Dalam uji coba indeks ini dengan simulasi data lima tahun ke belakang, Hasan mengatakan performa calon indeks baru ini melebihi indeks-indeks yang telah ada seperti IDX30, IDX Value30 dan IDX Growth30.

Selain itu indeks lain yang akan diluncurkan tahun ini merupakan indeks tematik yang berorientasi ramah lingkungan atau green investing yaitu IDX ESG 30. BEI yakin penerbitan indeks ini bisa dilakukan sebelum akhir tahun.