BI: Kebutuhan uang tunai jelang lebaran capai Rp217,1 triliun

Bank Indonesia menyebut kebutuhan uang tunai sepanjang ramadan dan lebaran tahun ini meningkat 13,5% dibandingkan tahun lalu.

Ilustrasi / Pixabay

Bank Indonesia memperkirakan kebutuhan uang tunai pada periode Ramadan dan Lebaran 2019 bakal mencapai Rp217,1 triliun atau tumbuh 13,5% dibandingkan periode tahun lalu sebesar Rp191,3 triliun. 

Kebutuhan uang kartal yang meningkat tahun ini juga sedikit lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kebutuhan rata-rata selama lima tahun terakhir yang sebesar 13,3%.

"Kita pastikan kebutuhan uang kartal perbankan atau masyarakat pada Ramadan dan Idul Fitri kali ini akan tercukupi dengan optimal," ujar Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi dalam konferensi pers di Gedung BI, Jakarta Pusat, Jumat (10/5).

Kenaikan kebutuhan uang pada periode Ramadan dan Idul Fitri tahun ini diperkirakan bakal terjadi di seluruh satuan kerja (kas Indonesia, dengan outflow tertinggi tetap di daerah Jabodetabek, yakni sebesar Rp51,5 triliun. 

Kemudian Jawa Tengah dan Yogyakarta sebesar Rp31,1 triliun, Jawa Timur sebesar Rp29,9 triliun, Jawa Barat dan Banten sebesar Rp23 triliun, Sulawesi, Maluku dan Papua sebesar Rp15,7 triliun, dan Kalimantan sebesar Rp14,7 triliun.