BI: Pariwisata jalan cepat atasi defisit transaksi berjalan

Bank Indonesia menyebutkan salah satu jalan tercepat untuk mengatasi persoalan defisit transaksi berjalan adalah pariwisata.

Bank Indonesia menyebutkan salah satu jalan tercepat untuk mengatasi persoalan defisit transaksi berjalan (current account defiist/CAD), adalah pariwisata. / Antara Foto

Bank Indonesia menyebutkan salah satu jalan tercepat untuk mengatasi persoalan defisit transaksi berjalan (current account defisit/CAD), adalah pariwisata. 

Direktur Eksekutif Departemen Statistik BI Yati Kurniati mengatakan, devisa hasil ekspor (DHE) yang berasal dari pariwisata meningkat setiap tahunnya. 

"Pemasukan devisa dari pariwisata totalnya mencapai US$14,1 miliar di 2018, meningkat dari tahun lalu," kata Yati dikantornya, Jumat (8/2). 

Dari data BI, pendapatan DHE pariwisata pada 2015 sebesar US$10,7 miliar, kemudian pada 2016 naik menjadi US$12,2 miliar. Sementara pada 2017 sebesar US$13,1 miliar. 

"Memang pariwisata quick win, segera kelihatan hasilnya. Kemudian yang signifikan lagi (menekan CAD) di manufaktur," imbuhnya.