BI: Penguatan Rupiah menunjukkan kepercayaan investor

Nilai tukar Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat, (4/1) pagi dibuka menguat sebesar 72 poin.

Petugas menghitung mata uang rupiah. Antara Foto

Nilai tukar Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat, (4/1) pagi dibuka menguat sebesar 72 poin ke level Rp14.338 dari sebelumnya Rp14.410 per dollar Amerika Serikat (AS). 

Menurut Bank Indonesia, penguatan rupiah kali ini disebabkan karena kepercayaan investor terhadap perekonomian Indonesia. Juga mekanismpe pasar valuta asing di dalam negeri yang bergerak secara optimal. 

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan kepercayaan investor tersebut terlihat dari lelang surat berharga Negara (SBN) yang dilakukan Kementerian Keuangan belum lama ini. 

“Sebagaimana diketahui, pemerintah menargetkan Rp15 triliun pada lelang minggu ini. Namun, nyatanya yang menawar lebih dari tiga kali. Bahkan bisa dapat lebih dari Rp50 triliun,” kata Perry di Jakarta, Jumat (4/1). 

Hal tersebut, menurut Perry, menunjukkan investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri masih menaruh kepercayaan terhadap perekonomian Indonesia. Selain itu, investasi di aset keuangan Indonesia juga sangat kuat dan baik.