BKPM: Investasi asing bisa tumbuh double digit tahun ini

Pemerintah optimistis dengan target tersebut karena minat investasi di awal tahun ini menunjukkan tren positif. 

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menargetkan pertumbuhan penanaman modal asing (PMA) bisa mencapai double digit pada 2019. / Alinea.id - Eka Setiyaningsih

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menargetkan pertumbuhan penanaman modal asing (PMA) bisa mencapai double digit pada 2019. Kepala BKPM Thomas Lembong menyatakan pemerintah optimistis dengan target tersebut karena minat investasi di awal tahun ini menunjukkan tren positif. 

"Tren ini diharapkan terus berlanjut sampai akhir tahun,” kata Thomas Lembong dalam acara Rakornas Investasi di Tangerang Selatan, Selasa (12/3).

Thomas mengatakan pemerintah akan melakukan beberapa strategi untuk meningkatkan pertumbuhan PMA di tahun 2019. Pertama, dengan memanfaatkan online single submission (OSS).

"Ini adalah aspek pengawalan investasi. Investasi harus dikawal dari ujung ke ujung. Setiap langkah harus direspons," ucapnya.

Kedua, pemerintah melalui otoritas investasi nasional akan memanfaatkan sistem Koordinasi Pengawalan Investasi dengan Memanfaatkan Aplikasi (Kopi Mantap).