Boeing 737 Max 8 dikandangkan, maskapai pastikan penerbangan tidak terganggu

Maskapai tetap mengangkut penumpang ke berbagai destinasi.

Kementerian Perhubungan dan maskapai penerbangan memastikan penghentian sementara sejumlah pesawat Boeing 737 MAX 8 tidak akan mengganggu jadwal penerbangan di dalam negeri. / Antara Foto

Kementerian Perhubungan dan maskapai penerbangan memastikan penghentian sementara sejumlah pesawat Boeing 737 MAX 8 tidak akan mengganggu jadwal penerbangan di dalam negeri. Maskapai masih mampu mengangkut penumpang ke berbagai destinasi.

"Sekalipun ada instruksi dari Kemenhub semua operator penerbangan menghentikan Boeing 737 MAX 8 tapi hal itu tidak akan mengganggu jadwal penerbangan karena memang maskapai memiliki jenis pesawat lain," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (13/3).

Menurutnya, saat ini, maskapai di Indonesia yang mengoperasikan pesawat jenis Boeing MAX 8 hanya dua yaitu Lion Group sebanyak 10 unit dan Garuda Indonesia sebanyak satu unit. "Sementara maskapai lain tidak ada yang menggunakan pesawat jenis itu," katanya.

Dia juga memastikan proses pemeriksaan lebih rinci terhadap pesawat Boeing MAX 8 akan terus dilakukan sambil menunggu hasil investigasi Lembaga Regulator Penerbangan Sipil Amerika Serikat (FAA).

Managing Director Lion Group Daniel Putut Kuncoro Adi mengatakan, sebagai maskapai yang paling banyak menggunakan pesawat jenis Boeing 737 MAX 8 di Indonesia, pihaknya akan mematuhi perintah yang dilakukan oleh Kemenhubs ebagai regulator.