China izinkan warganya saksikan Olimpiade Musim Dingin

Namun, penyelenggara takkan menjual tiket kepada umum karena khawatir penyebaran Covid-19 meluas.

Pengunjung Chongli, salah satu lokasi Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, melewati logo Olimpiade di Chongli, Provinsi Hebei, China, pada 13 Agustus 2020. Foto AP/Ng Han Guan

Komite Olimpiade Beijing akan mengizinkan lebih banyak penonton yang berasal dari warga lokal untuk menyaksikan Olimpiade Musim Dingin. Penerapan protokol kesehatan (prokes) diklaim berhasil karena panitia menerapkan sistem pemisahan atlet dan publik.

Seperti dilansir VOA pada Kamis (10/2), pihak penyelenggara tak menjual tiket kepada publik karena keprihatinan akan penyebaran Covid-19, tetapi secara terbatas memilih penonton yang wajib mematuhi protokol yang ketat.

Pengumuman itu disampaikan dalam konferensi pers saaat pejabat kantor pencegahan dan pengendalian pandemi, Huang Chun, menyinggung target realistis jumlah penonton yang hadir pada Olimpiade Musim Dingin Beijing sebelum pagelaran berakhir sekitar 30%.

"Kami akan mengizinkan lebih banyak penonton berdasarkan permintaan karena situasi Covid-19 yang sekarang berada dalam kendali," kata Huang.

Sementara itu, Kota Baise, sebelah barat daya China, tidak melaporkan adanya kasus baru Covid-19 pada Selasa (8/2), satu hari setelah karantina wilayah (lockdown) secara ketat diberlakukan menyusul kenaikan infeksi tiga hari sebelumnya.