Dibantu para mantan menteri, Kemendag genjot ekspor

Kementerian Perdagangan bersama para mantan Menteri Perdagangan menggenjot ekspor demi menyelamatkan neraca yang terus defisit.

Menteri Perdagangan Mendag Enggartiasto Lukita mengundang sejumlah mantan Menteri Perdagangan Indonesia dalam sebuah focus group discussion (FGD). / Soraya Novika-Alinea.id

Kementerian Perdagangan bersama para mantan Menteri Perdagangan menggenjot ekspor demi menyelamatkan neraca yang terus defisit.

Menteri Perdagangan Mendag Enggartiasto Lukita mengundang sejumlah mantan Menteri Perdagangan Indonesia dalam sebuah focus group discussion (FGD). Dalam forum tersebut, para mantan Mendag mendiskusikan situasi terkini perdagangan RI serta upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja perdagangan. 

Hadir dalam FGD tersebut di antaranya Menteri Perdagangan periode 1988-1993 Arifin Siregar, Menteri Perindustrian dan Perdagangan 1998 Mohammad “Bob” Hasan, Menteri Perindustrian dan Perdagangan 1998-1999 Rahardi Ramelan, Menteri Perdagangan 2004-2011 Mari Elka Pangestu, Menteri Perdagangan 2011-2014 Gita Wirjawan, Wakil Menteri Perdagangan 2011-2014 dan Plt. Menteri Perdagangan 2014 Bayu Krismurthi serta Menteri Perdagangan 2014 Muhammad Lutfi.

Isu utama yang dirembukkan dalam pertemuan tersebut adalah terkait defisit neraca perdagangan Indonesia yang terjadi belakangan ini. Salah satu masukan dari para mantan Menteri Perdagangan yang kemudian akan ditindaklanjuti ke depan terkait masalah defisit ini ialah berupa upaya peningkatan ekspor. 

Upaya alternatif jangka pendek yang akan dilakukan pemerintah ke depan dalam meningkatkan ekspor ini adalah mengidentifikasi hambatan yang saat ini dihadapi oleh eksportir saat ini.