Menko Airlangga: Digitalisasi koperasi merupakan peluang emas di era digital

Jika seluruh koperasi ini dilakukan digitalisasi, dengan anggota yang lebih dari 25 juta, tentu akan menjadi nilai yang luar biasa.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto ekon.go.id

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, digitalisasi koperasi menjadi semakin penting dan merupakan peluang emas di era digital.

“Di era digital ini, digitalisasi koperasi makin penting. Tentunya ini adalah peluang emas karena saat ini pasar digital di Indonesia sebesar US$44 miliar, dan di 2025 diprediksi sekitar US$125 miliar. Jika seluruh koperasi ini dilakukan digitalisasi, dengan anggota yang lebih dari 25 juta, tentu akan menjadi nilai yang luar biasa,” ujar Airlangga dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/10).

Lebih lanjut, Airlangga menjelaskan, pengembangan koperasi memiliki tantangan sendiri, baik itu pengelolaan manajemen kelembagaan, peningkatan kapasitas SDM koperasi, penggunaan teknologi dan sistem informasi baik dalam manajemen koperasi maupun dalam menjalankan usahanya, perlu dilakukan pembinaan dan pendampingan serta kemitraan.

“Adapun target penumbuhan koperasi modern pada 2024 yakni sebanyak 500 unit koperasi,” ucap Airlangga.

Untuk mencapai target tersebut, sekaligus menghadapi tantangan pengembangan koperasi, beberapa strategi yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya Kemenkop UKM diantaranya melalui koperasi berbasis inclusive closed loop yang dikembangkan sebagai koperasi “Multi Pihak”, fokus koperasi di sektor riil, pembiayaan, amalgamasi yaitu merger sesama koperasi dan merger dengan unit usaha koperasi, dan upaya digitalisasi.