Dompet pemegang saham kian tebal, emiten pelat merah bagi-bagi dividen

ANTM bagi dividen Rp67,85 miliar, sedangkan JSMR sebesar Rp110,36 miliar .

Ilustrasi. Foto Antara.

Sejumlah emiten pelat merah menebar berkah dividen kepada pemegang saham. Perusahaan-perusahaan ini datang dari bermacam sektor dengan besaran yang berbeda. 

Di sektor pertambangan, PT Aneka Tambang Tbk.membagikan dividen sebesar Rp67,85 miliar atau 65% dari laba tahun berjalan 2019 yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas Induk untuk tahun buku 2019. Jumlah dividen ini disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2019, Kamis (11/6).

Selain itu, pemegang saham emiten dengan kode ANTM ini juga setuju untuk memberikan wewenang dan kuasa kepada PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) selaku kuasa pemegang saham seri A dwiwarna guna menetapkan besarnya tantiem untuk tahun buku 2019 serta menetapkan honorarium, tunjangan, fasilitas, dan insentif lainnya bagi anggota dewan komisaris untuk tahun 2020. 

Emiten penyelenggara jasa jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) membagikan dividen sebesar Rp110,36 miliar atau 5% dari total nilai laba bersih perusahaan sepanjang tahun 2019 yang mencapai Rp2,21 triliun dalam RUPS, Kamis (11/6).

Dengan demikian, dividen yang diperoleh oleh pemegang saham per lembarnya adalah sekitar Rp15,20. Besarnya dividen tersebut dengan pertimbangan bahwa saat ini perusahaan melakukan ekspansi bisnis jalan tol dan perlu memperkuat likuiditas di tengah pandemi Covid-19.