DPD minta pemerintah atur pasar digital

Berdasarkan data YLKI, produk impor mendominasi barang dagangan di marketplace hingga 93%.

Ilustrasi. Pixabay

Ketua DPD, La Nyalla Mahmud Mattalitti, meminta pemerintah membuat regulasi yang mengatur pasar digital. Pangkalnya, produk impor mendominasi barang dagangan di lokapasar (marketplace) hingga 93%, sebagaimana data Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

"Itu, kan, artinya produk lokal kita hanya 7% saja. Ini harus menjadi perhatian bersama karena UKM kita bisa tergerus kalau kondisi ini tidak diperbaiki," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (11/5).

Dia menerangkan, perkembangan pasar digital Indonesia tergolong besar. Namun, Ketua Dewan Kehormatan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur (Jatim) itu menyesalkan minimnya peran produk lokal.

"Pemerintah harus mampu mengatur mekanisme pasar digital agar Indonesia tidak hanya menjadi market, tetapi juga menjadi produsen yang dapat mendominasi pasar," jelasnya.

Karenanya, La Nyalla meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) membuat berbagai inisiatif agar produk lokal meningkat di pasar digital. Selain itu, mendampingi kelompok usaha kecil semaksimal mungkin.