Dua aplikasi ini permudah investasi di Indonesia

Pemerintah meluncurkan aplikasi pelayanan satu pintu untuk investasi di Indonesia.

Pemerintah meluncurkan aplikasi Single Submission Pelayanan Fasilitas Fiskal atas Impor Barang Operasi untuk Kegiatan Usaha Hulu Migas dan Gateway Sistem Delivery Order Online dalam Sistem Indonesia National Single Window (INSW). Alinea.id/Nanda Aria

Pemerintah meluncurkan aplikasi Single Submission Pelayanan Fasilitas Fiskal atas Impor Barang Operasi untuk Kegiatan Usaha Hulu Migas dan Gateway Sistem Delivery Order Online dalam Sistem Indonesia National Single Window (INSW).

Dua aplikasi ini adalah bentuk pelayanan satu pintu yang dihadirkan oleh pemerintah untuk memberikan fasilitas fiskal dan kemudahan pengurusan administrasi bagi investor, dengan mengintegrasikan antarkementerian dan lembaga terkait.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan dua aplikasi ini bertujuan memberikan pelayanan yang cepat dan aman bagi pengusaha sehingga dapat menghindari risiko kebocoran pajak yang dapat dialami oleh negara dan investor atau pengusaha.

"Kalau semua cepat, murah, terjangkau, serta layanannya mudah, sehingga ujungnya tidak ada yang bocor dan penerimaan negara bisa tumbuh," katanya saat launching aplikasi di Kementerian Keuangan, Senin (14/10).

Dia melanjutkan, keunggulan Single Submission Pelayanan Fasilitas Fiskal atas Impor Barang Operasi untuk Kegiatan Usaha Hulu Migas adalah mampu mengakselerasi pelayanan publik dengan memberikan kemudahan dalam pemberian fasilitas fiskal bagi para stakeholder (pelaku kegiatan usaha hulu migas) yang transparan dan akuntabel.