Dukung RI jadi pusat produsen halal dunia, Blibli kerja sama dengan BPJPH

Blibli menjadi e-commerce pertama yang kredibel dalam menyediakan berbagai macam produk halal.

Kusumo Martanto selaku CEO & Co-Founder Blibli dan Dr. Muhammad Aqil Irham selaku Kepala BPJPH dalam penandatangan nota kesepakatan antara Blibli dan BPJPH. Foto istimewa

Berkomitmen menjadi ekosistem perdagangan omnichannel halal dan gaya hidup terpercaya di Indonesia, PT Global Digital Niaga (Blibli/‘BELI) menandatangani perjanjian kerja sama dengan BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal). Hal itu dalam dukungan Blibli untuk mengakselerasi terciptanya ekosistem perdagangan halal. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BPJPH dengan Blibli yang dilaksanakan pada Rabu, 12 April 2023 di Kantor BPJPH. 

 “Melalui sinergi ini, Blibli menjadi e-commerce pertama yang kredibel dalam menyediakan berbagai macam produk halal, menyediakan seller yang amanah, menyediakan layanan gudang halal dan tim audit khusus yang memonitoring produk-produk halal. Selain itu, Blibli akan memiliki bank data produk halal terintegrasi dengan BPJPH dan bertindak sebagai fasilitator bagi seller dalam mendapatkan sertifikasi halal untuk produknya.” ungkap Kusumo Martanto, CEO & Co-Founder Blibli, dalam keterangan resminya, Kamis (20/4).

Melalui sinergi ini, Blibli menjadi e-commerce pertama yang kredibel dalam menyediakan berbagai macam produk halal, menyediakan seller yang amanah, menyediakan layanan gudang halal dan tim audit khusus yang memonitoring produk-produk halal. Selain itu, Blibli akan memiliki bank data produk halal terintegrasi dengan BPJPH dan bertindak sebagai fasilitator bagi seller dalam mendapatkan sertifikasi halal untuk produknya.

Saat ini, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim paling banyak di dunia dengan potensi ekonomi industri halal tanah air yang menjanjikan. Hal ini juga ditegaskan oleh pernyataan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menargetkan Indonesia menjadi pusat industri halal dunia, sekaligus kiblat industri fashion dunia di 2024. 

Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham mengapresiasi langkah Blibli sebagai salah satu pelaku e-commerce Indonesia yang berkomitmen untuk mengintegrasikan data produk halal dan memfasilitasi seller dalam mendapatkan sertifikasi halal.