Ekonomi di luar Jawa harus lepas ketergantungan dari ekspor komoditas

Menkeu: pulau luar Jawa harus mengurangi ketergantungan terhadap ekspor komoditas. Sebab, harga komoditas sedang mengalami fluktuasi.

Petani mengumpulkan hasil panen kelapa sawit di lahan perkebunan Danau Lamo, Maro Sebo, Muarojambi, Jambi. (Antara Foto)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan perekonomian Indonesia di luar Pulau Jawa, seperti Sumatera, Kalimantan, dan Papua harus mengurangi ketergantungan terhadap ekspor komoditas. Sebab, harga komoditas sedang mengalami fluktuasi.

Sri Mulyani mengungkapkan pulau luar harus belajar kepada Jawa untuk memajukan perekonomian dari beragam sektor. Bahkan secara ketahanan, pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa bisa tumbuh di atas 5%.

"Namun pulau-pulau besar seperti Sumatera, Kalimantan, dan Papua itu (sumber penghasilannya) tidak beragam sehingga mereka sangat rentan terutama terhadap harga komoditas. Ini yang harus menjadi tugas pemerintah ke depan," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (31/1).

Oleh karena itu, lanjut dia, pemerintah saat ini gencar membangun infrastrktur di Sumatera untuk menciptakan dinamika ekonomi. Dengan demikian, Sumatra bisa terhubung dengan mudah dengan pulau lainnya. 

Dia juga berharap dengan adanya pemerataan pembangunan ini, ekonomi Inonesia bisa kokoh, dan tidak hanya tergantung terhadap komoditas saja.