Empat langkah Sri Mulyani efektifkan belanja untuk tanggulangi Covid-19

Belanja pemerintah juga akan berguna untuk mendukung reformasi struktural, mendorong subsidi dan bansos agar lebih tepat sasaran.

Ilustrasi. Pixabay

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, di situasi seperti saat ini penting untuk menguatkan belanja guna mendukung efektivitas penanganan Covid-19 dan percepatan pemulihan ekonomi.

Tak hanya itu, kata dia, belanja pemerintah juga akan berguna untuk mendukung reformasi struktural, mendorong subsidi dan bansos agar lebih tepat sasaran dan efektif, serta terus mendorong penguatan desentralisasi fiskal dan penguatan sinergi antara pusat dan daerah. 

Untuk itu, dia memaparkan empat langkah efektivitas belanja yang akan ditempuh oleh pemerintah untuk penguatan kualitas belanja. 

Pertama, belanja akan diprioritaskan pada penguatan sistem kesehatan yang terintegrasi dan handal, penguatan program perlindungan sosial sepanjang hayat yang adaptif, serta penguatan kualitas pendidikan yang menciptakan SDM unggul dan berdaya saing.

"Juga untuk pembangunan infrastruktur yang mempercepat transformasi ekonomi, serta perbaikan birokrasi yang lebih efektif dan efisien," katanya dalam video conference, Senin (31/5).