Kementerian ESDM kerahkan 40 personel siaga bencana ke lokasi gempa Cianjur

Menteri ESDM juga meminta Badan Geologi untuk berkontribusi membantu memitigasi bencana geologi.

Kementerian ESDM menerjunkan tim siaga bencana untuk membantu korban di lokasi bencana gempa Cianjur, Jawa Barat. Dok. Humas Kementerian ESDM

Tim ESDM Siaga Bencana terdiri dari personel rescue, dokter, paramedik, dan logistik dengan membawa perlengkapan masing-masing. Adapun Badan Geologi Kementerian ESDM juga menurunkan Tim Tanggap Darurat (TTD).

Pada Kamis (24/11), Menteri ESDM Arifin Tasrif didampingi Plt. Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Muhammad Wafid meninjau langsung posko tim bantuan yang dikerahkan.

Dalam kunjungan tersebut, Wafid mengatakan tim siaga bencana diterjunkan sebagai respons cepat atas bencana gempa bumi berkekuatan M5,6 yang mengguncang Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11).

"Sesuai arahan Menteri ESDM untuk membantu semua korban yang terdampak tanpa diskriminasi. Menteri ESDM juga meminta Badan Geologi untuk berkontribusi membantu memitigasi bencana geologi," kata Wafid dalam keterangan resmi, Kamis (24/11).

Ada lima perusahaan sudah bergabung di posko induk ESDM Siaga Bencana, yakni PT PPA (Putra Perkasa Abadi), PT AMI (Adaro Mineral Indonesia), PT Antam, PT PAMA, dan PT Semen Padang.