Gandeng Shopee, BNI buka akses ekspor 10.000 UKM Indonesia

Kerja sama tersebut diklaim akan memberikan tiga keuntungan bagi UKM yang terpilih untuk bergabung.

Pameran UMKM. Dokumentasi Pemprov Bengkulu

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menggandeng Shopee untuk membuka jalan bagi usaha kecil dan menengah (UKM) agar lebih mudah mengekspor produk-produknya ke berbagai negara. Program ini memungkinkan terbukanya akses pasar ke Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, hingga ke Brasil bagi sekitar 10.000 UKM yang terdaftar.

Direktur Bisnis UMKM BNI, Muhammad Iqbal, mengklaim, kerja sama tersebut akan memberikan tiga keuntungan bagi UKM yang terpilih untuk bergabung. Pertama, peningkatan visibilitas produk ekspor UKM terpilih pada marketplace Shopee, dalam cakupan Asia Tenggara, utamanya Taiwan.

Kedua, akan mendapatkan pelatihan dan edukasi untuk bisa berkembang di dalam platform digital yang akan diberikan Shopee. Terakhir, bakal didaftarkan dalam Program Ekspor Shopee yang akan membuka toko mereka dalam aplikasi sehingga dapat dilihat dan diakses pengguna di berbagai negara lainnya di dunia.

“Sebagai bank asal Indonesia yang memiliki banyak kantor cabang di luar negeri, BNI melihat bahwa saat ini UKM memiliki peluang ekspor ke berbagai negara, mulai dari pasar Brasil, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, hingga Taiwan. Pembeli dari negara-negara tersebut dapat memesan produk UKM Indonesia yang terdaftar di dalam
program yang kami buat bersama Shopee,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (3/11).

Pada kesempatan sama, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto, menambahkan, pihaknya memiliki misi membangun UMKM Indonesia yang mempunyai daya saing. “Melalui Program Ekspor Shopee, kami telah membantu lebih dari 180.000 UMKM lokal untuk bisa melakukan ekspor hingga pertengahan tahun ini.”