Garuda Indonesia setop penerbangan dari dan ke China mulai 5 Februari

Garuda Indonesia akan menutup sementara penerbangan ke China sebagai upaya antisipasi penyebaran coronavirus.

Pesawat milik Garuda Indonesia. Foto Antara.

Maskapai nasional Garuda Indonesia menutup sementara rute penerbangan dari dan menuju China menyusul peningkatan skala epidemik coronavirus dan status darurat global yang ditetapkan World Health Organization (WHO).

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan hal ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintah Indonesia untuk menutup sementara layanan penerbangan dari dan menuju Tiongkok mulai Rabu (5/2) pukul 00.00 hingga waktu yang ditentukan lebih lanjut.

Garuda akan menyetop penerbangan di rute menuju Beijing, Shanghai, Guangzhou, Zhengzhou, dan  Xi’an. Saat ini, Garuda Indonesia melayani sebanyak 30 frekuensi penerbangan setiap minggunya ke Tiongkok,” kata Irfan dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu (2/2).

Sementara itu, penerbangan Garuda dari dan menuju Hongkong masih dilayani dengan pengawasan penuh bersama dengan otoritas terkait.

Irfan menyatakan penundaan sementara penerbangan dari dan ke China tersebut merupakan bentuk perhatian serius Garuda Indonesia terhadap upaya antisipasi penyebaran coronavirus. Garuda tetap mengedepankan aspek keselamatan penerbangan serta keselamatan penumpang dan awak pesawat.