Gen X dan milenials 60% penggerak pasar halal di Indonesia

Gen Z adalah target pasar berikutnya yang harus diperhatikan.

ilustrasi. ist

Gen X dan Milenial menyumbang hampir 60% dari total pengeluaran makanan di Indonesia. Di saat banyak destinasi wisata bertekad untuk memulai kembali aktivitas ekonominya, masih ada tantangan akan munculnya varian baru Covid-19. 

Fazal Bahardeen, CEO CrescentRating & HalalTrip mengungkapkan bahwa Indonesia konsisten dalam destinasi wisata halal. Terutama pada sektor makanan dan minuman, yang akan berperan penting dalam memulihkan perekonomian Indonesia terutama di masa pandemi dan pasca Covid-19. 

"Kami berharap kehidupan kita akan segera kembali normal di tahun 2022. Keragaman kuliner Indonesia merupakan aset negara yang besar. Meskipun konsumen lokal masih menjadi penggerak dan pendorong utama pertumbuhan sektor kuliner halal Indonesia, awal yang baik ini dapat menjadi momentum untuk membangun kembali bagaimana Indonesia dapat menjadi surga kuliner halal di kawasan ini,” kata Fazal, pada acara forum virtual internasional bertajuk "Halal Dining ASEAN Forum 2021" pada Rabu (15/12).

Di sisi lain, Gen Z adalah target pasar berikutnya yang harus diperhatikan. Saat mereka memasuki dunia kerja di tahun-tahun mendatang, pemahaman tentang perilaku mereka akan membuka peluang bagi para pemain industri makanan dan minuman.  

Kedati demikian kata dia, Negara Indonesia selalu Konsisten menempati posisi teratas sebagai destinasi ramah muslim favorit yang dilansir dalam Mastercard-Crescentrating Global Muslim Travel Index.