Genjot TKDN kelistrikan, pemerintah perlu perhatikan ini

Pemerintah melalui Kemenperin tengah menggenjot TKDN ketenagalistrikan guna substitusi produk impor.

Ilustrasi. Pixabay

Pemerintah berupaya menggenjot optimalisasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sektor ketenagalistrikan untuk substitusi produk impor. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pun mempersiapkan berbagai program untuk mewujudkannya, seperti menyediakan 9.000 sertifikat TKDN secara cuma-cuma.

Langkah tersebut pun menuai apresiasi, salah satunya Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan. Alasannya, dapat memberikan efek berlipat selain mendorong produsen dalam negeri bersaing dengan produk impor.

"Saya kira, ini merupakan upaya yang bagus, ya, dari pemerintah," ucapnya saat dihubungi Alinea.id, Senin (30/8). "Dengan demikian, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian nasional juga karena banyak tenaga kerja yang terserap."

Meski demikian, Mamit berharap, kebijakan memberikan sertifikat TKDN gratis tidak membuat pemerintah mengabaikan kualitas yang dihasilkan produsen dalam negeri. 

"Begitu juga kuantitas harus diperhitungkan dalam memenuhi kebutuhan sektor kelistrikan. Produsen dalam negeri harus mampu bersaing dengan produk impor," jelasnya.