Hipmi senang UMKM kecipratan proyek miliaran

Ada 30 perusahaan pelat merah yang bakal bekerja sama dengan UMKM

Petugas memasukan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis di Gedung Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (7/4/2020)/Foto Antara/Indrianto Eko Suwarso.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi), Mardani H Maming berterimakasih kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang membuka peluang bagi swasta dan UMKM untuk menggarap proyek yang nilainya berkisar Rp2 miliar Rp14 miliar. 

"Saya yakin anggota Hipmi lebih semangat lagi untuk maju," kata BPP HIPMI Mardani H Maming, Senin (25/05).

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyebut bakal menggandeng swasta skala Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menggarap proyek yang nilainya berkisar Rp2 miliar hingga Rp14 miliar. 

Setidaknya ada sebanyak 30 perusahaan pelat merah yang nantinya akan dikerjasamakan dengan UMKM dalam berbagai proyek-proyek dengan nilai tersebut.

Erick juga menjamin lelang proyek untuk korporasi dan UMKM dilakukan transparan. Tujuannya, untuk menghindari proyek BUMN hanya berputar di lingkungan BUMN dan tidak ingin ada anak, cucu, atau cicit usaha BUMN ikut dalam  tender yang telah diprioritaskan untuk UMKM.