Human Capital Index Indonesia meningkat di tengah pandemi Covid-19

HCI merupakan salah satu program Bank Dunia untuk menjelaskan kondisi kesehatan dan pendidikan mendukung produktivitas generasi mendatang.

Ilustrasi. Freepik

Dalam laporan Bank Dunia, Indeks Modal Manusia (Human Capital Index/HCI) Indonesia pada 2020 mencapai 0,54 atau meningkat dibandingkan 2018 sebesar 0,53 pada tahun 2018.

"Ini membuktikan hasil belanja negara untuk human capital sudah mulai terlihat," ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Febrio Kacaribu, dalam keterangan resmi, Sabtu (19/9).

HCI merupakan salah satu program Bank Dunia yang didesain untuk menjelaskan bagaimana kondisi kesehatan dan pendidikan mendukung produktivitas generasi mendatang. 

HCI mengombinasikan komponen-komponen probabilitas hidup hingga usia lima tahun (survival), kualitas dan kuantitas pendidikan, dan kesehatan termasuk isu stunting. Komponen tersebut bagian utama dari pengukuran produktivitas tenaga kerja di masa depan dari anak yang dilahirkan saat ini. 

Secara lebih detail, lanjut Febrio, komponen survival meningkat menjadi 0,98 dari sebelumnya 0,97, sedangkan kualitas pendidikan sebesar 395.