sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PDIP luncurkan mobil bioskop keliling, dipimpin sejarawan

Gagasan ini bermula dari Megawati membaca berita tentang layar tancap di koran.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Jumat, 29 Sep 2023 11:27 WIB
PDIP luncurkan mobil bioskop keliling, dipimpin sejarawan

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meluncurkan mobil bioskop keliling di acara pembukaan rapat kerja nasional (rakernas) di JIExpo, Jakarta, pada Jumat (29/9). Ada 38 unit yang disiapkan, tujuh diantaranya dipamerkan saat peluncuran.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, menyatakan, program mobil bioskop keliling diluncurkan sesuai permintaan Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri, usai membaca berita tentang layar tancap di koran. Mobil bioskop akan keliling Indonesia usai rakernas, yang berakhir 1 Oktober 2023.

"Ibu melihat dulu dari koran, lihat dulu dari berita apa persoalan rakyat. Tiba-tiba ibu membaca tentang layar tancap. Wah, ternyata layar tancap ini masih diterima di daerah-daerah, maka memanggil saya," tuturnya.

"layar tancap ini, kan, bagus untuk sosialisasi tentang Pancasila, tentang kerakyatan, tentang pembelaan kita terhadap wong cilik, tentang stunting. Ini, kan, bagus. Coba kamu buat," imbuhnya.

Sponsored

Pengurus PDIP lantas mencoba merealisasikan permintaan Megawati itu. Mula-mula, jajaran partai menghubungi perusahaan karoseri untuk membuat truk atau mobil tersebut.

Armada mobil bioskop keliling dilengkapi layar lebar dan sistem suara mutakhir. Sejarawan sekaligus calon caleg DPR dari daerah pemilihan (dapil) Banten 1, Bonnie Triyana, ditugaskan sebagai ketua armada bioskop keliling, yang bertanggung jawab memproduksi dan mengurasi konten.

Ada beberapa film yang disiapkan, seperti dokumenter riwayat Bung Karno, Megawati Soekarnoputri, dan film The Last Barongsai besutan Rano Karno. Selain itu, menampilkan klip biografi ringkas Ganjar Pranowo, calon presiden (capres) PDIP pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid