HUT ke-11, Tokopedia ajak masyarakat kolaborasi dan inovasi

Sekitar 94% dari 8,6 penjual di Tokopedia merupakan usaha ultramikro.

Ikon Tokopedia di Tokopedia Tower, Jakarta, Maret 2019. Google Maps/Aditya Irvan

Penyedia jasa lokapasar (marketplace) Tokopedia memasuki usia ke-11 bertepatan dengan HUT ke-75 Indonesia. Sebanyak 8,6 juta penjual lebih, 94%-nya berskala ultramikro, telah bergabung dengan perusahaan teknologi buatan dalam negeri ini, bahkan dikunjungi 90 juta masyarakat per bulan dan menjangkau 98% kecamatan se-Tanah Air.

Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, menyatakan, perlu semangat anyar untuk terus beradaptasi dengan kebiasaan baru (AKB) dalam merayakan usia ke-11 di tengah pandemi. Apalagi, menyaksikan keberanian, kegigihan, dan harapan para pegiat usaha dalam berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional.

"Karena mereka, lebih dari 1% perekonomian Indonesia telah terjadi di atas Tokopedia. Kami sangat bersyukur karena walau pandemi memukul keras, seluruh mitra strategis Tokopedia, baik penjual, pembeli, pemerintah, dan mitra strategis lainnya, berkolaborasi lebih gencar dalam membantu para pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM, bertahan sekaligus berkontribusi memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi," paparnya dalam keterangan tertulis, Senin (17/8).

Sebagai bentuk apresiasi terhadap para mitra strategis, Tokopedia menghadirkan Tokopedia Play Fest via Tokopedia Play. Festival virtual tersebut terdiri dari sejumlah gelar wicara bersama pembicara inspiratif dari berbagai latar belakang, seperti Menteri Keuangan, Sri Mulyani; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; pakar teknologi; pegiat usaha lokal; dan lainnya.