IHSG dibuka menguat usai pelantikan Presiden Jokowi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat ke level 6.207 hari ini (21/10) setelah pelantikan Presiden Jokowi.

Pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat ke level 6.207. / Antara Foto

Pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat ke level 6.207. IHSG menguat sebanyak 0,25% dari penutupan di hari Jumat (18/10) yang berada pada level 6.191.

Head of Research and Investment Pilarmas Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan dua pekan berturut-turut sebelum hari ini, IHSG dibuka turun meskipun minim sentimen. 

"Namun satu minggu setelah penurunan tersebut, pasar mengalami kenaikan, dan bertahan selama satu minggu yang lalu. Pertanyaannya adalah, penurunan yang terjadi selama dua minggu lalu apakah sengaja untuk memberikan ruang bagi Jokowi Effect beraksi?," kata Nico dalam riset hariannya, Senin (21/10).

Untuk diketahui, di tengah-tengah pelantikan, Presiden Jokowi mengatakan akan fokus pada lima visi yang penting dalam pidatonya. Nico mengatakan yang menarik adalah Jokowi menekankan tak lagi berfokus kepada proses, melainkan kepada hasil. 

Nico mengatakan dirinya melihat pidato yang disampaikan Jokowi kemarin merupakan salah satu tolok ukur jika Jokowi telah mendapatkan sesuatu gambaran yang lebih jelas terkait dengan visinya.