IHSG ditutup menguat 0,10% setelah berfluktuasi

Saham-saham seperti BBRI, PGAS, BRMS, INDF, dan ADRO menjadi yang paling banyak dijual investor asing.

Ilustrasi pergerakan Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI). Foto Antara.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,10% ke level 5.004 pada perdagangan Rabu (7/10). Sektor konsumer yang naik 0,63% dan sektor manufaktur yang naik 0,48% menjadi pendorong penguatan IHSG hari ini.

Tercatat sebanyak 16,8 miliar lembar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp16,8 triliun. Investor asing tercatat melakukan penjualan bersih senilai Rp411 miliar.

Saham-saham seperti BMRI, BBCA, UNBR, MDKA, dan BBNI menjadi yang paling banyak dibeli oleh investor asing. Sementara saham-saham seperti BBRI, PGAS, BRMS, INDF, dan ADRO menjadi yang paling banyak dijual investor asing.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Nico Demus mengatakan pergerakan IHSG kali ini cukup berfluktuasi merespons sentimen yang ada dari dalam negeri maupun luar negeri.

Dari luar negeri, sentimen datang dari pernyataan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang menginginkan timnya menghentikan pembicaraan dengan Demokrat tentang stimulus baru, hingga setelah pemilihan 3 November.